Rabu, 11 Mei 2011

jenis-jenis tipe data yang ada pada visual basic !
Data memiliki tipe yang berbeda‐beda dan biasanya data dikelompokkan pada kelompok yang sejenis agar tidak terjadi operasi matematika diantara data yang berbeda jenis tersebut, contohnya kita tidak bisa menjumlahkan nilai suatu jarak (Km) dengan Massa (Kg) karena keduanya memiliki tipe data yang berbeda. Begitu juga dalam suatu program, setiap nilai harus dikelompokkan pada jenis‐jenis tertentu yang disebut dengan tipe data. Dalam Visual Basic 6 mengenal beberapa tipe data, yaitu:

Integer adalah tipe data untuk bilangan bulat
LongInt, untuk data bilangan bulat yang nilainya lebih besar
Single adalah tipe data untuk bilangan pecahan
Currency adalah tipe data untuk angka mata uang
Date adalah tipe data untuk tanggal dan waktu
Boolean adalah tipe data yang bernilai TRUE dan FALSE
Date, merupakan tipe data waktu atau tanggal
Object, tipe data untuk memasukan sebuah objek seperti gambar
Variant, tipe data variant

Dalam proses penulisannya tipe data juga memiliki bentuk umum, yaitu sebagai berikut :
Syntax deklarasi variabel :



Setiap data yang disimpan dalam komputer memerlukan variabel sebagai sesuatu tempat untuk menyimpan nilai dari data tersebut, dan nilainya suatu variable dapat berubah-ubah selama proses program.misalnya kita bisa menyimpan nilai ujian mid di variable A dan nilai ujian akhir di variable B, dan setiap mahasiswa nilainya pasti berbeda.
Membuat sebuah data menggunakan tipe data dalam variabel memiliki beberapa aturan yang haris dilakukan, bebrapa aturan tersebut antara lain :
• Aturan di dalam penamaan variabel :
Harus diawali dengan huruf.
• Tidak boleh menggunakan spasi. Spasi bisa diganti dengan karakter underscore (_).
• Tidak boleh menggunakan karakter-karakter khusus (seperti : +, -, *, /, <, >, dll).
• Tidak boleh menggunakan kata-kata kunci yang sudah dikenal oleh Visual Basic 6 (seperti : Dim, AS, String, Integer, dll )
Bentuk umum untuk mendeklarasikan sebuah variabel :



Misalnya :

Dim sngAngka As Single
Dim strText As String
Dim dblBilangan As Double

Untuk sebuah variabel agar bisa digunakan di seluruh bagian program, harus dideklarasikan secara publik contohnya sebagai berikut :



Konstanta adalah variabel yang memiliki nilai tetap, sekali variabel konstanta diberi nilai maka selama proses program berjalan nilai konstanta tidak akan berubah. Konstanta biasanya digunakan untuk menyimpan nilai-nilai tertentu yang bersifat tetap sepert nilai grafitasi bumi, Fi, dan tetapan-tetapan dalam rumus fisika atau matematika lainnya. Cara pendeklarasian sebuah konstanta sama halnya dengan variabel, pendeklarasian konstanta data dilakukan secara private maupun public.






















1. Sebutkan dan Jelaskan yang dimaksud percabangan pada visual basic ! tuliskan bentuk umumnya !

Jawab :

Struktur percabangan dalam Visual Basic adalah suatu kondisi dimana dalam sebuah program akan terjadi percabangn antara satu data dengan data yang lain. Jenis – jenis percabangan pada Visual Basic terbagi menjadi beberapa fungsi, yakni:

• IF THEN
If then digunakan untuk menjalankan satu atau lebih pernyataan kondisi. Bentuk umum if then antara lain :

Atau








• IF THEN – ELSE
If then else digunakan untuk beberapa blok pernyataan. Bentuk umum if then else adalah :



• SELECT CASE
Struktur select case hampir mirip dengan if then else yang digunakan untuk memilih satu blok pernyataan dari beberapa blok pernyataan. Struktur select case memiliki kelebihan yaitu lebih mudah dibaca dibandingkan struktur if then else. Bentuk umum select case adalah sebagai berikut :




















perulangan pada visual basic ! tuliskan bentuk umumnya !

Jawab :

Struktur perulangan pada Visuaal Basicc adalah pengulangan statement atau blok statement yang dilakukan secara berulang kali sesuai dengan jumlah yang ingin ditentukan oleh pemakai. Jenis-jenis perulangan terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

• For – To – Do
For – To – Do digunakan sebagai perintah yang harus dikerjakan berulang-ulang.
Bentuk Umum :




• For next
For Next digunakan untuk mengulangi pernyataan dalam sebanyak nilai tertentu.
Bentuk umum :

• DO – LOOP
Mengulangi blok pernyataan jika kondisi Benar atau hingga kondisi menjadi Benar.
Bentuk umum :
Atau

• While … Wend
Digunakan untuk menjalankan pernyataan sepanjang kondisi masih bernilai benar.
Bentuk Umum :

masing-masing contoh program perulangan dan percabangan pada VB ! berilah outputnya !

Jawab :

CODDING PERULANGAN

1. Untuk mencari for next
Dengan double klik command for next maka akan keluar listing programnya , lalu kita menuliskannya sesuai dengan rumus for next yaitu:
For i = 1 To 20
List1.AddItem "angka" & i
Next i

Yang dimaksud dengan rumus tersebut berarti kita kan menggunakan for next jadi hal pertama kita tulis for next yang berarti untuk huruf i , i ini adalah variabel atau jumlah data yang akan kita masukan , disini kita memasukan perintah untuk memasukan angka 1 sampai 20 berarti kita tulis 1 to 20, kemudian kita print data yang kita masukan ke list box dengan cara List1.AddItem "angka" & i , hasilnya akan berada di list box , berarti listbox ini tempat untuk menampilkan hasilnya
Dengan bentuk umun for next
For i: 1 to 20
Selanjutnya untuk menjalankan perintahnya hanya menekan tombol F-5 maka hasilnya akan keluar sesuai dengan prosedure perintahnya

2. Untuk for next 2

Dalam mendefinisikannya digunakan untuk menampilkan tulisan dalam hal ini menampilkan tulisan “angka” didepan angka 1,2,3..........20 dengan double klik pada command for next 2 di program ini kita akan menampilkan hasilnya dari 1 ke 3 ke 5 dan seterusnya berarti angkanya meloncat dua angka. Rumus yang digunakan adalah seperti berikut :

For i = 1 To 20 Step 2
List1.AddItem "angka" & i
Next i

Sama halnya dengan for next sebelumnya halnya saja for i menggunakan step 2 berarti prosedure perintahnya dengan meloncat 2 angka maka hasilnya merupakan bilangan yang ganjil , 1,3,5, ,7 9 ,11 ,13 ,15 17,19

Untuk melihat agar hasilnya tampil pada list box maka menjalankannya dengan menekan F-5

3. Untuk do until
Yakni untuk mendefinisikan huruf a-z dengan menggunakan rumus dibawah ini

Dim i As Integer
i = Asc("a")
Do Until i > Asc("z")
List1.AddItem Chr(i)
i = i + 1
Loop

Berbeda untuk perulangan diatas kita menggunakan dim i as integer untuk mendefinisikan i sebagai char (“a”) atau chr karena kita akan mendefinisikan huruf a-z lalu do until > asc (“z”) dengan mendefinisikan list1.additem chr(i) hal ini agar hurufnya berurut sampai belakang

4. Do while
Untuk perulangan do while adalah kebalikan dari do until jika do until mengurutkan dari depan maka do while mengurutkan dari belakang dengan menggunakn rumus berikut:
Tidak usah menuliskan dim i as interger lagi karena sudah di command 3

i = Asc("z")
Do While i > Asc("a")
List1.AddItem "" & Chr(i)
i= i – 1
Maka hasilnya sesuai dengan prosedure yang diperintahkan akan menampilkan huruf z-a pada list box i =i-1 adalah untuk kondisi yang lebih kecil
OUTPUT PROGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar